Rumus Excel yang sering di pakai
1.  SUM
        Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan data-data di cell. Fungsi SUM bisa digunakan untuk menambahkan data per cell, data dalam satu range, maupun data dalam beberapa range sekaligus.
      Sintak : =SUM(number1,[number2],...)

    2. COUN
            Fungsi rumus Excel Count adalah menghitung jumlah cell yang berisi angka.
    Sintak : =COUNT(number1,[number2],...)

 3. MIN

                      Selain rumus MAX, di dalam program Excel ini juga memiliki rumus MIN yang fungsinya adalah kebalikan dari rumus MAX. Jika MAX untuk mencari nilai tertinggi, makan rumus MIN untuk mencari nilai terendah di dalam sekumpulan data numerik pada sheet Excel. 

   Sintak : =MIN(number1,[number2],...)


4. MAX
   Rumus MAX pada ms. Excel digunakan untuk mencari nilai paling tinggi dari suatu kumpulan data. Untuk menggunakannya dituliskan dengan cara

    Sintak : =MAX(number1,[number2],...)

5. AVERAGE
    Mengembalikan rata-rata (rata-rata aritmatika) dari argumen. Misalnya, jika rentang A1:A20 berisi angka, rumus =AVERAGE(A1:A20) akan mengembalikan rata-rata angka itu.
   Sintak : =AVERAGE(number1,[number2],...)


6. COUNTIF
        Rumus COUNTIF digunakan untuk menghitung berapa jumlah data (baik angka maupun bukan angka) pada sekumpulan cell atau range yang memiliki satu kriteria tertentu.
    Sintak : =COUNTIF(number1,[number2],...)

7. IF
       Merupakan salah satu fungsi Excel dalam kategori atau kelompok logical yang sering dibutuhkan untuk melakukan uji logika tertentu pada rumus microsoft excel.

Fungsi Excel IF akan menghasilkan sebuah nilai tertentu jika kondisi yang kita tentukan untuk di evaluasi terpenuhi (TRUE) dan akan menghasilkan nilai lainnya apabila uji logika atau kondisi itu tidak terpenuhi (FALSE).

Dengan kata lain fungsi IF excel ini akan melakukan evaluasi terhadap uji logika tertentu kemudian menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Nilai TRUE adalah nilai dimana kondisi tersebut terpenuhi dan nilai FALSE adalah nilai untuk kondisi yang tidak terpenuhi.


    Sintak : =IF(number1,[number2],...)

8. COUNTIF.

    Fungsi ini dapat digunakan sebagai rumus excel untuk menghitung jumlah data yang sama, menghitung jumlah cell yang terisi, menghitung sel yang berisi teks tertentu, menghitung jumlah angka namun dengan kriteria tertentu, dll.

   Sintak : =COUNTIF(number1,[number2],...)


9. PROPER

     Kegunaannya untum merubah tulisan depan kecil ke pada tulisan depan kapital
    Sintak : =PROPER(number1,[number2],...)

10. UPPER
      Kegunaannya untum merubah semua tulisan kecil ke pada tulisan kapital
   Sintak : =UPPER(number1,[number2],...)