Fungsi
SUM digunakan untuk menjumlahkan data-data di cell. Fungsi SUM bisa digunakan
untuk menambahkan data per cell, data dalam satu range, maupun data dalam
beberapa range sekaligus.
Sintak : =SUM(number1,[number2],...)
2. COUN
Fungsi rumus Excel Count adalah
menghitung jumlah cell yang berisi angka.
Sintak : =COUNT(number1,[number2],...)
3. MINSelain rumus MAX, di dalam program Excel ini juga memiliki rumus MIN yang fungsinya adalah kebalikan dari rumus MAX. Jika MAX untuk mencari nilai tertinggi, makan rumus MIN untuk mencari nilai terendah di dalam sekumpulan data numerik pada sheet Excel.
Sintak : =MIN(number1,[number2],...)
4. MAX
Rumus
MAX pada ms. Excel digunakan untuk mencari nilai paling tinggi dari suatu
kumpulan data. Untuk menggunakannya dituliskan dengan cara
Sintak : =MAX(number1,[number2],...)
5. AVERAGE
Mengembalikan rata-rata (rata-rata aritmatika) dari argumen. Misalnya, jika rentang A1:A20 berisi angka, rumus =AVERAGE(A1:A20) akan mengembalikan rata-rata angka itu.
Mengembalikan rata-rata (rata-rata aritmatika) dari argumen. Misalnya, jika rentang A1:A20 berisi angka, rumus =AVERAGE(A1:A20) akan mengembalikan rata-rata angka itu.
Sintak : =AVERAGE(number1,[number2],...)
6. COUNTIF
Rumus COUNTIF digunakan untuk menghitung berapa jumlah data (baik angka maupun bukan angka) pada sekumpulan cell atau range yang memiliki satu kriteria tertentu.
Sintak : =COUNTIF(number1,[number2],...)
7. IF
Merupakan salah satu fungsi Excel dalam kategori atau kelompok logical yang sering dibutuhkan untuk melakukan uji logika tertentu pada rumus microsoft excel.
Fungsi Excel IF akan menghasilkan sebuah nilai tertentu jika kondisi yang kita tentukan untuk di evaluasi terpenuhi (TRUE) dan akan menghasilkan nilai lainnya apabila uji logika atau kondisi itu tidak terpenuhi (FALSE).
Dengan kata lain fungsi IF excel ini akan melakukan evaluasi terhadap uji logika tertentu kemudian menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Nilai TRUE adalah nilai dimana kondisi tersebut terpenuhi dan nilai FALSE adalah nilai untuk kondisi yang tidak terpenuhi.
Sintak : =IF(number1,[number2],...)
Fungsi Excel IF akan menghasilkan sebuah nilai tertentu jika kondisi yang kita tentukan untuk di evaluasi terpenuhi (TRUE) dan akan menghasilkan nilai lainnya apabila uji logika atau kondisi itu tidak terpenuhi (FALSE).
Dengan kata lain fungsi IF excel ini akan melakukan evaluasi terhadap uji logika tertentu kemudian menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Nilai TRUE adalah nilai dimana kondisi tersebut terpenuhi dan nilai FALSE adalah nilai untuk kondisi yang tidak terpenuhi.
Sintak : =IF(number1,[number2],...)
8. COUNTIF.
Fungsi ini dapat digunakan sebagai rumus excel untuk menghitung jumlah data yang sama, menghitung jumlah cell yang terisi, menghitung sel yang berisi teks tertentu, menghitung jumlah angka namun dengan kriteria tertentu, dll.
Sintak : =COUNTIF(number1,[number2],...)
Sintak : =COUNTIF(number1,[number2],...)
9. PROPER
Kegunaannya untum merubah tulisan depan kecil ke pada tulisan depan kapital
Sintak : =PROPER(number1,[number2],...)
10. UPPER
Kegunaannya untum merubah semua tulisan kecil ke pada tulisan kapital
Kegunaannya untum merubah semua tulisan kecil ke pada tulisan kapital
Sintak : =UPPER(number1,[number2],...)









Posting Komentar